Kampus Kaderisasi Ummat


Persatuan Ummat Islam Organisasi Keumatan

Mahasiswa Baru Universitas Halim Sanusi, saat ini berdatangan dari kalangan Pesantren yang bernaung pada Organisasi Islam yang cukup tua keberadaannya, setidaknya organisasi ini telah lahir jauh sebelum organisasi keummatan yang ada di Indonesia saat itu. Lantas siapakah tokoh pendiri organisasi keummatan tersebut….?

Lahir di Kabupaten Majalangka, tepatnya di desa Sutawangi, Kecamatan Jatiwangi, dengan nama kecil Otong Syatori, pada tanggal 26 Juni 1887. Dalam sumber lain disebutkan bahwa nama lain Abdul Halim adalah Muhammad Sjatari. Ayah Abdul Halim bernama KH. Muhammad Iskandar, kalau dilihat dari silsilah masih keturunan Maulana Hasanudin, anak Sunan Gunung Jati, yang merupakan penguasa Kesultanan Banten.

KH. Muhammad Iskandar selain sebagai mengasuh  pesantren, juga menjabat sebagai penghulu di Kawedanan Jatiwangi. Sedangkan ibunya benama Hj. Siti Mutmainah,  adalah anak dari KH. Imam Safari yang juga masih keturunan Sunan Gunung Jati. Namun, ada juga yang menyebut Siti Mutmainah merupakan keturunan Pangeran Sabranglor dari Kesultanan Demak. Abdul Halim merupakan anak bungsu dari delapan  bersaudara, ketujuh kakaknya adalah : Iloh Mardiyah, Empon Kobtiyah, E Sodariyah, Jubaedi, Iping Maesaroh, Hidayat, dan Siti Sa’diyah.

Konon Abdul Halim, merupakan juga pelopor berdirinya Universitas Islam Indonesia di Jogjakarta, sebagai penghargaan atas jasa-jasa beliau bersama Kiayi Sanusi dari Sukabumi, penerus generasi Keummatan  PUI di wilayah Jawa Barat, pada tahun 2016  mendirikan Universitas di Bandung yang diberi nama Universitas Halim Sanusi.

Selayaknya Umat Islam memikirkan Pendidikan dan peradaban Modern melalui Sebuah Perguruan Tinggi, sebagai wujud Investasi Ummat dalam prespektif modernisasi peradaban ummat Islam sendiri